Pengertian IPAL Komunal Serta Manfaatnya

IPAL Komunal adalah Instalasi Pengolahan Air Limbah yang merupakan sarana untuk mengolah limbah yang berbentuk cair misalnya seperti limbah dari WC, dari air cuci ataupun dari kamar mandi. Dan di kalangan masyarakat banyak disebutkan bahwa IPAL adalah sarana untuk limbah WC lebih dikenal dengan sebutan septik tank. IPAL dapat digunakan secara pribadi ataupun digunakan untuk satu keluarga ataupun sat bangunan dan pengolahan tersebut dioperasikan sendiri.

Sedangkan untuk IPAL Komunal adalah pengolahan limbah seperti limbah WC atau yang lainnya. Namun IPAL Komunal ini digunakan secara bersama sama. Komponen IPAL Komunal juga terdiri atas unit pengolah limbah. Terdapat juga jaringan perpipaan yaitu bak kontrol dan juga lubang perawatan, kemudian ada juga sambungan rumah tangga. Unit pengolah limbah untuk sebagian ada yang keberadaannya jauh dari lokasi warga pengguna IPAL Komunal ada juga yang keberadaannya yaitu di lokasi pemukiman warga.

Bahaya Limbah Dari WC

Limbah yang berasal dari WC memang sangat berbahaya karena mengandung banyak bakteri. Selain itu limbah WC juga bisa menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Air limbah yang asalnya WC didalamnya ada banyak kandungan bakteri E.Colli yang bisa membuat seseorang terserang penyakit perut. Misalnnya saja seperti penyakit typhus, diare, kolera. Apabila tidak menjalankan sistem IPAL Komunal, limbah WC tersebut kemudian bisa meresap ke dalam sumur dan mencemari air sumur.

Produk Lainnya :  IPAL Komunal Modern Solusi Pengolahan Limbah

Jika limbah WC tersebut dibuang langsung ke sungai, maka air yang asalnya dari sungai itu akan tercemar dan banyak mengandung bakteri. Jadi jika tidak diolah kembali, air ytersebut bisa membahayakan warga yang menggunakan air tersebut. Sama halnya seperti air limbah WC, limbah cucian atau limbah industri yang dibuang sembarangan dapat berubah menjadi sarang nyamuk DB, bisa jadi sarang lalat dan lain sebagainya.

Limbah Kamar Mandi

Selain sisa dari sabun cucian, rumah tangga juga menghasilkan limbah dari dapur serta limbah dari kamar mandi. Dan 3 jenis limbah tersebut dinamakan dengan nama greywater atau limbah nonkakus. Tak hanya itu saja, rumah tangga juga menghasilkan limbah kotoran manusia, yang disebut blackwater. Ada juga kotoran limbah tetesan AC dan kulkas sebagai clearwater. Dalam kehidupan sehari-hari, clearwater biasanya tidak berjumlah banyak, khususnya dari kulkas. Jadi, limbah ini terasa sulit diolah guna dimanfaatkan kembali.

Pada umumnya, seseorang membuang limbah greywater langsung pada selokan yang terdapat di depan rumah, tanpa harus diolah terlebih dahulu. Oleh sebab itu, sungai—yang menjadi tempat berkumpulnya selokan yang tercemar. Kemudian warnanya menjadi coklat serta akan mengeluarkan bau busuk. Tak hanya dapat menyebabkan ikan-ikan mati, zat-zat polutan yang ada pada limbah juga dapat menjadi sumber penyakit. Misalnya saja seperti kolera, disentri, dan berbagai macam penyakit lain. Jika di lingkungan anda banyak terdapat limbah tersebut, maka IPAL Komunal adalah solusi yang tepat untuk pengolahannya.

Produk Lainnya :  IPAL Komunal Modern Solusi Pengolahan Limbah

Manfaat IPAL Komunal

Adanya IPAL komunal ini ternyata banyak memiliki manfaat, diantaranya adalah;

  • Perlaku atau gaya hidup masyarakat bisa menjadi semakin sehat
  • Mengolah Air Limbah domestik ataupun air limbah industri, supaya air tersebut nantinya bisa di gunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing
  • Supaya air limbah yang akan di alirkan ke sungai tidak tercemar lagi
  • Supaya Biota-biota yang ada di sungai tidak mati karena banyaknya bahan kimia yang ada pada limbah tersebut
  • Lingkungan juga menjadi tidak tercemar lagi
pesan via whatsapp

1 Comment

  1. Pingback: Perencanaan IPAL Komunal Sistem BioFilter

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Via WhatsApp