IPAL Komunal Modern Solusi Pengolahan Limbah

IPAL yaitu merupakan kepanjangan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah yang termasuk sarana untuk mengolah limbah cair. Misalnya seperti limbah dari WC, dari air cuci atau limbah dari kamar mandi. Dalam lingkungan masyarakat biasa dikenal IPAL untuk limbah WC yang lebih dikenal dengan nama septik tank. Instalasi Pengolahan Air Limbah bisa dibangun secara pribadi atau digunakan untuk satu keluarga ataupun bangunan dan dioperasikan sendiri. Atau dapat juga satu IPAL digunakan dengan cara bersama-sama atau sering disebut dengan istilah komunal. Komponen dari IPAL Komunal terdiri atas unit pengolah limbah. Selain itu juga terdapat jaringan perpipaan yang berupa bak kontrol serta lubang perawatan dan juga sambungan rumah tangga. Unit pengolah limbah juga ada yang letaknya berjauhan dari lokasi warga pengguna IPAL Komunal. Kemudian ada juga yang letaknya berada di lokasi pemukiman warga.

 

Peran IPAL

Selama manusia masih hidup dan juga melakukan berbagai macam aktivitas, maka manusia tersebut akan menghasilkan kotoran/limbah, antara lain yaitu:

  1. Limbah padat atau sampah
  2. Limbah cair yang berupa air limbah dari wc atau kamar mandi dan juga air cucian.
Produk Lainnya :  Tangki Fiberglass Pengolahan Air Limbah Komunal

Air limbah ataupun air kotor buangan tidak dapat dibuang dengan begitu saja. Misalnya saja seperti halnya limbah padat atau sampah yang juga tidak dapat dibuang dengan sembarangan. Walaupun jika dilihat ta,mpak air limbah dapat langsung meresap ke dalam tanah ataupun bisa langsung mengalir di sungai. Akan tetapi, air limbah rumah tangga sebetulnya juga termasuk limbah yang bisa merusak lingkungan hidup.

Untuk kotoran berupa air limbah yang semestinya diolah terlebih dulu sebelum dibuang ke sungai atau dibuang ke tanah meliputi:

  • Limbah wc
  • Air bekas cucian
  • Limbah khusus seperti industri rumah tangga (tahu, tempe, sablon, dll) ataupun dari hewan ternak (sapi, kambing, babi dll).

Untuk pencemaran limbah tersebut memiliki dampak pada lingkungan harus diamati dari jenis parameter pencemar serta konsentrasinya dalam air limbah. Limbah memang memiliki parameter tunggal yang memiliki konsentrasi yang relatif tinggi pada satu sisinya. Dan pada sisi lain terdapat limbah dengan 10 parameter namun dengan konsentrasi yang juga melebihi ambang batas. Permasalahannya bukan yang terbaik dan yang terburuk, namun seharusnya lebih memperoleh prioritas.

Produk Lainnya :  Pengertian IPAL Komunal Serta Manfaatnya

Air limbah yang asalnya WC terdapat kandungan bakteri E.Colli yang mengakibatkan penyakit perut misalnnya typhus, diare, kolera. Jika tidak menggunakan IPAL Komunal, limbah WC dapat merembes ke dalam sumur. Apabila limbah dibuang langsung ke sungai, air sungai yang juga akan banyak kandungan bakteri akan menyebar lebih luas lagi. Limbah cucian atau limbah industri yang dibuang sembarangan bisa menjadi sarang nyamuk DB, lalat dan masih banyak lagi.

Proses Instalasi Pengolahan Air Limbah

Mengolah air limbah yang ada di lingku8ngan bisa dilakukan dengan cara seperti sebagai berikut

  • Sendiri ataupun individual sehingga memerlukan septik tank sendiri. Konsekuensinya yaitu menanggung biaya sendiri dan lahan harus luas sebab tidak bisa dekat dengan sumur.
  • Bisa juga dilakukan dengan bersama-sama atau komunal. Biaya bisa ditanggung bersama dan lebih ringan, menghemat lahan. Dan septik tank yang dibangun bersama juga akan ditanggung bersama dalam pemeliharaan ataupun apabila terdapat kerusakan.

IPAL Komunal bisa dibangun jika terdapat kemauan dan juga komitmen untuk membangun & merawat IPAL yang telah dibangun nantinya. Kemudian juga terdapat pihak luar yang memberikan dukungan. Untuk hal ini pemerintah memberikan dukungan moral dan juga dana. Sedangkan dari lembaga swadaya masyarakat dapat memberikan dukungan teknis. lalu juga memberikan dukungan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Dari mulai tahap perencanaan, pembiayaan, pembangunan, operasi dan juga perawatan.

Produk Lainnya :  Kontraktor IPAL di Kota Bandung
pesan via whatsapp

3 Comments

  1. Pingback: Desain IPAL Komunal Menggunakan Tangki Fiber FRP

  2. Pingback: IPAL Komunal Rumah Tangga Limbah Domestik

  3. Pingback: Pengertian IPAL Komunal Serta Manfaatnya

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Via WhatsApp