Instalasi Pengolahan Air Limbah Industri Cikarang

Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) itu sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab banyaknya air limbah yang dihasilkan jika tidak diolah dengan baik maka akan bisa mencemari lingkungan, mencemari tanah dan juga bisa mencemari udara dan air. Terlebih lagi untuk limbah industri yang terdapat kandungan zat zat yang berbahaya, maka harus dilakukan instalasi pengolahan air limbah industri. Tujuannya supaya air limbah yang berasal dari kegiatan industri tidak membahayakan lingkungan ataupun sungai dan lain sebagainya yang terdapat di sekitar kawasan Industri tersebut.

Potensi industri sudah berperan besar bagi perekonomian Indonesia melalui barang produk ataupun jasa yang dihasilkannya. Akan tetapi pada sisi lain pertumbuhan industri juga sudah menimbulkan berbagai macam masalah lingkungan yang memang bisa dikatakan serius. Buangan air limbah industri menimbulkan terjadinya pencemaran air sungai yang bisa merugikan masyarakat yang tinggal pada sepanjang aliran sungai. Misalnya saja seperti berkurangnya hasil produksi pertanian, kemudian untuk hasil tambak yang menjadi menurun. Selain itu juga berkurangnya pemanfaatan air sungai oleh penduduk.

Air Limbah Industri

Air limbah yang sering dihasilkan oleh industri antara lain yaitu air limbah dari pabrik baja, pabrik tinta, pabrik cat, dan juga limbah dari pabrik tekstil. Limbah cair yang berasal dari pabrik yang pada umumnya banyak menggunakan air pada waktu sistem prosesnya. Selain itu ada juga bahan baku yang mengandung air, sehingga dalam proses pengolahannya air terlebih dahulu harus dibuang. Airakan terbawa dalam proses pengolahan selanjutnya dibuang misalnya pada saat akan dipergunakan untuk pencuci suatu bahan sebelum diproses lanjut. Air yang bercampur dengan bahan kimia tertentu selanjutnya akan diproses dan setelah itu akan dibuang. Semua jenis dari proses tersebut akan mengakibatkan buangan air.

Instalasi Pengolahan Air Limbah Industri

Kepedulian mengenai kelestarian sungai serta kepentingan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan serta dunia usaha saat ini semakin tinggi. Maka dari itu muncul usaha industri guna melakukan instalasi pengolahan air limbah industrinya melewati perencanaan proses produksi yang effisien. Jadi bisa meminimalkan limbah buangan industri serta usaha pengendalian pencemaran air limbah industrinya dengan melalui penerapan installasi pengolahan air limbah industri. Untuk Industri yang sering memaksimalkan profit serta mengabaikan usaha pengelolaan limbah mungkin hal tersebut bertentangan dengan akal sehat mereka. Sebab mereka beranggapan jika menerapkan instalasi pengolahan air limbah industri berarti harus keluar biaya pembangunan serta biaya operasional yang cukup tinggi.

Di sisi lain ada suatu ketidakpercayaan masyarakat jika industri akan bisa dalam melakukan pengelolaan limbah dengan sukarela. Sebab mengingat banyaknya perusahaan industry yang dibangun pada sepanjang aliran sungai, serta membuang air limbahnya tanpa terlebih dahulu dilakukan pengolahan. Perilaku perusahaan yang hanya berorientasi Profit motive serta penegakan peraturannya lemah terhadap pelanggaran pencemaran ini. Maka berdampak timbulnya beberapa kasus pencemaran oleh industry serta banyak tuntutan masyarakat pada sekitar industry. Sampai sampai perusahaan harus mengganti kerugian kepada masyarakat yang terkena dampak buruknya.

Manfaat Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yaitu sebagai berikut:

IPAL itu begitu bermanfaat untuk manusia dan juga makhluk hidup lainnya, antara lain:

  • Mengolah Air Limbah domestik ataupun air limbah industri, supaya air tersebut bisa dipakai kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  • Supaya air limbah yang akan di alirkan kesungai menjadi tidak tercemar.
  • Supaya Biota-biota yang ada di sungai menjadi tidak mati.
pesan via whatsapp

2 Comments

  1. Pingback: Instalasi Pengolahan Air Limbah IPAL Komunal di Bandung

  2. Pingback: Produsen IPAL Sistem Biotech dan BioFilter

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.